Syarat Pernikahan di Indonesia

Syarat pernikahan di Indonesia adalah hal yang perlu diketahui oleh orang yang hendak melakukan pernikahan di indonesia. Syaratnya sendiri memang tidak sulit. Namun, hal tersebut juga tidak mudah untuk dilaksanakan. Pernikahan adalah suatu proses untuk mempersatukan dua lawan jenis yang saling mencintai satu sama lain dengan sebuah ikatan yang suci. Pernikahan berjalan sesuai dengan agama yang dianut oleh pasangan pengantin.

undangan pernikahan

undangan-pernikahan

Biasanya, syarat pernikahan haruslah di penuhi oleh calon pengantin. Nah, kali ini kita akan mengetahui apa saja syarat untuk pernikahan di Indonesia. Di Indonesia sendiri, sebuah pernikahan dianggap sah di mata hukum apabila telah memenuhi aturan yang dimuat dalam Undang Undang Pernikahan Indonesia. Dalam undang-undang tersebut, disebutkan syarat apa saja yang harus dipenuhi sebelum menikah.

Berikut syarat pernikahan yang dimuat dalam Undang-Undang Pernikahan yang ada di Indonesia:

  1. Foto copy bukti pengesahan perkawinan dengan aslinya.
  2. Foto copy akta kelahiran dari pasangan pengantin dan disertai dengan aslinya.
  3. Foto copy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan membawa aslinya.
  4. Bagi yang sebelumnya sudah kawin, diperlukan foto copy akta perceraian atau akta kematian jika pasangan sebelumnya sudah meninggal.
  5. Jika salah satu atau kedua mempelai berusia di bawah 21 tahun, maka harus ada ijin dari orang tua atau jika tidak ada, maka harus ada surat ijin dari pejabat yang berwenang.
  6. Surat keputusan dari Pengadilan Negeri.
  7. Surat ijin dari pengadilan Negeri jika calon pengantin pria berusia dibawah 19 tahun, dan mempelai wanita berusia di bawah 16 tahun.
  8. Jika ingin ber poligami, maka harus ada surat ijin dari Pengadilan Negeri.
  9. Jika pelaksanaan pencatatan perkawinan dilakukan kurang dari 10 hari sejak tanggal permohonan, maka harus ada dispensasi Camat.
  10. Ada hasil pengumuman yang tidak ada sanggahan.
  11. Akta kelahiran anak jika sudah mempunyai anak.
  12. Jika calon mempelai adalah anggota ABRI atau barangkali lebih tepatnya anggota TNI, maka harus ada surat ijin dari komandan.
  13. Jika calon mempelai berusia di bawah 21 tahun, dan kedua orang tuanya sudah meninggal, maka harus ada surat ijin dari Balai Harta Peninggalan, dan melampirkan akta kematian.
  14. Jika mempelai berasal dari Warga Negara Indonesia keturunan, maka harus melampirkan surat bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia dan surat bukti ganti nama jika yang berhubungan sudah ganti nama.
  15. Jika mempelai berasal dari WNA, maka wajib melampirkan foto copy passport, dokumen Imigrasi, Surat tanda melapor diri, dan surat dari Kedutaan atau perwakilan dari Negara sahabat.
  16. Pas foto berdampingan dengan ukuran 4 x 6 cm sebanyak 4 lembar.
  17. Dibutuhkan 2 orang saksi untuk memenuhi persyaratan pernikahan.

Nah, mungkin itulah syarat pernikahan di Indonesia. Mungkin syarat tersebut di atas ada yang dilakukan sebelum pernikahan, dan ada yang dilakukan setelah berlangsungnya pernikahan.

pernikahan polisi (45), syarat nikah dengan polisi (34), prosedur menikah dengan polisi (17), syarat pengajuan nikah polisi (10), syarat calon istri polisi (9), tata cara menikah dengan anggota polisi (4), PERNIKAHAN POLISI INDONESIA (4), persiapan menikah dgn anggota brimob (3), syarat nikah dengan militer (2), proses nikah polisi (2), pengajuan nikah polisi (2), syarat nikah pengadilan (1), syarat nikah di pengadilan (1), syarat jadi istri polisi militer (1), syarat pernikah polisi militer (1), syarat pernikahan d pengadilan (1), undangan pernikahan brimob (1), undang-undang pernikahan terhadap tni ad (1), undang-undang menikah dengan tni ad (1), undang undang pernikahan TNI (1)